Thursday, May 4, 2017

Input Otomatis di Excel

Bekerja pada aplikasi microsoft office excel kita telah diberikan berbagai kemudahan, yang salah satunya adalah dengan disediakannya inputan otomatis ketika kita berkerja pada sheet excel. sebagai contoh ketika kita melakukan penomoran pada lembar kerja, kita tidak perlu melakukan penomoran secara manual, kita bisa melakukan penomoran secara otomatis dengan cara di copy dan memilih pasilitas fill series. 

Bagaimana cara membuat inputan otomatis sendiri ?

Inputan otomatis seperti pada penomoran mungkin itu sudah biasa kita lakukan. namun bagaimana cara membuat inputan otomatis sesuai yang kita inginkan, seperti inputan otomatis alphabet, atau mungkin nama-nama hari.

Disini kita akan membuat inputan otomatis alphabet dan nama-nama hari, selanjutnya anda bisa melakukan percobaan untuk membuat inputan otomatis sesuai yang anda inginkan, mungkin seperti nama-nama bulan atau sbegainya.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka Aplikasi microsoft office excel (di sini saya menggunakan office 2010)
  2. Klik menu file dan pilih Options, sehingga akan tampak seperti gambar di bawah
  3. Kemudian pilih Advanced, dan pada bagian general pilih Edit Costume List..
  4. Pada kotak dialog costume list kita arahkan pointer pada list entries, dan isikan A samapi Z dengan pemisah tanda baca koma (,) seperti pada gambar 
  5. Kemudian klik add dan klik Ok untuk mengakhirinya.
Dengan demikian, ketika kita mengetik huruf A, kemudian kita melakukan copy dengan cara di drag, maka akan tampak sperti pada gambar di bawah ini;

Hal serupa bisa kita lakukan untuk penamaan hari, dan bulan, walaupun sebenarnya sudah disediakan listnya, namun berbagasa Inggris ⌣

No comments:

Post a Comment